20 Alat yang Harus Anda Punya

By Logan Ward, Popular Mechanics


MANUSIA adalah "lemah dalam dirinya sendiri, dan bertubuh kecil," tulis esais abad ke-19 Thomas Carlyle. Namun, dengan alat, "gunung granit mencair menjadi debu cahaya di hadapannya, laut berubah menjadi jalan raya yang mulus, angin dan api menjadi tunggangan yang tak meletihkan." Dan ungkapan ini berasal dari orang yang tidak pernah merasakan gergaji berkekuatan 5800-rpm bergetar di tangannya.

Banyak yang telah berubah sejak jamannya Carlyle, namun ada satu hal yang tidak: Kita butuh alat untuk membangun, memperbaiki dan memelihara dunia mekanik di mana kita hidup.Dengan alat ini, Anda akan siap mengerjakan apa saja - apakah itu mencairkan gunung atau menukar wastafel dapur.

Sledgehammer
sledgehammer

1. Sledgehammer

Hanya sedikit alat yang mengkombinasikan kekuatan fisik dan kelembutan sekaligus se-elegan sebuah sledgehammer. Ayunkan alat ini di atas kepala untuk mendapatkan efek menghancurkan serupa bomb atau untuk menokok pasak pembelah kayu yang besar. Pegang seperti cara memegang sebuah putter ketika digunakan untuk mendandan elemen-elemen agrikultur seperti sebuah tiang atau kerangka pondok yang  perlu dibuyarkan. Kebanyakan dari kita lebih cocok menggunakan model 8- atau 10- pon yang bisa diayun dengan mudah, daripada model 16- sampai 20- pon.    

Center Punch
center punch





2. Center Punch

Dalam teorinya, kita menggunakan sebuah center punch untuk membuat lubang pada logam, namun kegunaannya lebih dari sekedar itu. Anda bisa mengencangkan gagang pisau atau sekop dengan cara meletakkan punch ini di rivet-nya dan kemudian pukul dengan ball-pin hammer, untuk memperlebar kepala rivet. Dengan menggunakan penjepit, Anda juga bisa menggunakan sebuah center punch seperti sebuah pensil baja untuk membuat garis pada kayu atau logam. Atau Anda bisa menggunakannya untuk mencabut paku besar atau mencabut potongan paku atau staple.  


Putty Knife
putty knife

3. Putty Knife

Pisau dempul ini lebih dari sekedar sebagai pisau dempul. Tapi, adalah sekelompok alat, mulai dari pisau dengan mata yang fleksibel dan tipis sampai model kelas berat yang diperlengkapi dengan ujung yang menyerupai pahat (yang, tidak mengherankan, disebut pisau dempul bermata pahat). Jenis yang bagus mempunyai mata baja high carbon; sedangkan yang terbuat dari plastik yang sekali pakai cocok untuk penggunaan yang tidak melibatkan dempul pada permukaan yang dicat.


Safety Glasses
safety glasses

4. Safety Glasses


Pekerjaan yang harus ditangani sendiri datang dan pergi, tetapi tentu Anda tidak boleh kurang penglihatan--melindungi mata haruslah menjadi prioritas Anda. Kacamata pilihan untuk keamanan tingkat tinggi (high-impact) di atas yang "rata-rata" (basic impact). untuk perlindungan maksimum, pakailah kacamata goggles high-impact karena jenis kacamata ini melindungi lebih luas wajah Anda dan area di seputar mata Anda.


Adjustable Wrench
adjustable wrench


5. Adjustable Wrench

Untuk kegunaan dan kenyamanan, tidak ada yang bisa mengalahkan kunci Inggris, yang membuat Anda mampu memutar berbagai jenis mur dan baut dengan hanya menggunakan satu alat. Jika Anda hanya ingin memiliki satu, ambillah yang model 10- atau 14- inci sehingga cukup besar untuk memperbaiki kran air. Tariklah sehingga kekuatan reaksinya bertumpu pada giginya yang tetap, bukan pada giginya yang dipindah-pindahkan.  


Pipe Wrench
pipe wrench

6. Pipe Wrench

Kunci pipa ini boleh jadi tidak serbaguna, tetapi ketika Anda perlu menyetel pipa, tidak ada alat yang lebih berguna. Bodinya kaku dan berat, dan geriginya menggigit dengan kuat pada permukaan yang licin dan bundar. Ketika kebanyakan kunci pipa terbuat dari besi tuang (cast iron), gunakan yang model aluminium jika Anda menghadapi pekerjaan pemipaan yang panjang.


Socket Wrench Set
socket wrench

7. Socket Wrench Set

Gunakan sebuah socket wrench ketika Anda perlu mengencangkan atau melonggarkan penutup (fasteners). Yang drive-nya berukuran 1/2 inci adalah hitter jenis yang berat dari semua jenis kunci wrench, diikuti oleh sebuah hitter yang bisa diganti-ganti, dengan drive ukuran 3/8 inci, yang cukup besar untuk melakukan pekerjaan otomotif jenis ringan namun terlalu kecil untuk kegunaan lain. Simpan yang berukuran 1/4 inci untuk kegunaan memperbaiki perabotan dan barang-barang elektronik.


Combination Wrench
combination wrench








8. Combination Wrench

Kunci wrench jaman sekarang lebih tipis, lebih mulus dan lebih kuat dari model lama yang besar; beratnya hanya separuh dari berat model yang lama. Meski tidak mudah untuk memperbaiki kesempurnaan, pada tahun 2006 Craftsman memperkenalkan sebuah twist (penekan)--secara literal--dalam jajaran produk Cross-Force Combination Wrenches, putar gagangnya sehingga telapak tangan Anda tertekan pada bagian wajah alat tersebut yang lebar, bukan pada ujungnya yang kecil. Kembali ke jaman ketika pandai besi menempa besi, mereka mengukir jaman kejayaan mereka di kepala alat ini seolah mengumumkan bahwa jenis alat ini akan bertahan beberapa dekade, mungkin abad, kemudian menuju ke masa depan yang belum pasti. Satu set wrench yang menawan, bertanggal atau tidak, menimbulkan kesan permanen.


Jigsaw
jigsaw

9. Jigsaw

Karena sebuah jigsaw memotong dengan gerakan ke atas dan ke bawah dan matanya yang sempit, alat ini handal memotong melengkung pada kayu, logam dan plastik. Model terbarunya mempunyai seting orbital yang juga mengerakkan mata gergajinya dalam sebuah gerakan mengayun untuk melakukan pemotongan kayu dengan agresif. 


Crosscut Saw
crosscut saw

10. Crosscut Saw

Meskipun Anda memiliki satu arsenal gergaji, sebuah gergaji crosscut delapan poin haruslah pula Anda miliki. Meski gergaji ini boleh jadi tidak menghasilkan potongan yang paling sempurna, tapi ini adalah gergaji serbaguna yang sempurna untuk pekerjaan-pekerjaan kecil, seperti yang berukuran 2 x 4. Pegang gerjagi ini sedemikian rupa sehingga gigi geriginya berada 45 derajat terhadap permukaan yang digergaji, dan mulailah memotong dengan menarik gergaji dengan lembut. Gunakan tarikan penuh,  kerahkan sebanyak mungkin gigi geriginya.


Snips
snips

11. Snips

Anda tidak perlu menjadi perajin logam untuk menghargai snip. Alat ini gunanya untuk memotong baja lempengan, tembaga dan aluminium, teapi juga karet, heavy cardboard dan plastik. Pro models-nya mempunyai gagang dengan ciri warna (color coded) guna untuk menunjukkan apakah alat ini untuk memotong lengkungan kiri, lengkungan kanan atau memotong lurus (merah, hijau, dan kuning, secara berurutan). Rumah tangga bisa memiliki yang tunggal, serba guna.


Needle-Nose Pliers
needle-nose pliers


12. Needle-Nose Pliers

Ketika Anda perlu memancing sebuah sekrup yang terjatuh, ketika sedang memperbaiki benda elektronik misalnya, tidak ada alat yang lebih bermanfaat daripada sebuah needle-nose pliers. Bentuknya yang elegan juga sempurna untuk mengencangkan kabel ke switch atau outlet-nya: Jepit kabel di ujungnya dan putar untuk membuat lengkungan, kemudian pasang lengkungan tersebut di bawah sekrup terminal.


Power Drill
power drill
13. Power Drill


Bor tanpa kord (cordless drill) menggabungkan kecepatan, power dan portability--sehingga bagi kebanyakan dari kita, bor ini telah menggantikan jenis bor dengan cord (corded variety). Bor ini dilengkapi dengan kopling yang memutus mekanisme drive ketika mncapai seting dialed-in force, mencegah si pengguna melepas sekrup. Meski model volt 14- sampai 18- bisa menangani kebanyakan pekerjaan, namun sebagian bor mempunyai voltase pertengahn 20-an atau 30-an untuk power yang menyaingi jenis yang corded.

Drill Bits
drill bits

14. Drill Bits

Hampir untuk semua pengeboran lubang yang umum, kebanyakan kita bisa menggunakan mata bor putar baja berkecepatan 15 atau 18. Anda tidak perlu meng-upgrade ke sebuah full set untuk pengeboran tertentu, seperti membuat lubang di tembok bata atau mengebor kayu yang berpaku. Beli perangkat mata bor untuk kegunaan khusus ini satu kali saja, meski mahal. Namun, seiring tahun berlalu, mata bor khusus ini akan bertambah kemampuannya, sehingga memungkinkan Anda menangani pekerjaan apa saja tanpa harus kembali ke toko.


Circular Saw
circular saw

15. Circular Saw

Tidak ada yang bisa mengalahkan sebuah circular saw dalam hal kecepatan dan kenyamanan ketika membuat potongan lurus pada berbagai jenis material. Alat ini bisa memotong balok atau kayu lapis, tentu saja. Tetapi dengan mata gergajinya yang bisa memotong paku, sebuah circular saw bisa digunakan untuk menghancurkan; dengan mata gergaji abrasifnya, alat ini bisa menggergaji tembok batu (masonry) dan logam.


Tape Rule
measuring tape

16. Measuring Tape

Sebuah measuring tape (meteran) adalah sebuah kotak pita ajaib, yang menggabungkan kekompakan dan kecepatan. Kaitkan ujungnya ke sudut pertemuan lantai dengan dinding, kemudian tarik melalui dinding untuk mengukur ketinggian langit-langit. Bentangkan secara horizontal dan pita alat ini cukup kaku untuk membentang sejauh beberapa feet di udara terbuka. Model yang 25 foot adalah cukup untuk melakukan ukuran untuk kebanyakan pekerjaan konstruksi, dan juga cukup kecil dan ringan untuk dimasukkan di kantung paku atau diselipkan di celana blue jeans Anda. 


Hammer
hammer

17. Hammer

Setelah beberapa millenia, tokok besi bergagang kayu ini masih bertahan, disukai oleh para tukang karena tidak berat, shock absorbency-nya dan keseimbangannya. Booming perumahan setelah PD II kemudian mengganti bentuk tokok besi menjadi lebih modern. Para tukang kayu di West Coast memerlukan tokok besi yang dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga mereka menambahkan elemen heavy-rigging hatches dan jadilah claw hammers (tokok besi berpenjepit). Hasilnya adalah sebuah framer model California yang serbaguna, sebuah palu bergagang panjang berkecepatan dengan capit yang tajam. Pekerjaan memaku boleh jadi cepat, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan feeling memasukkan sebuah paku ke kayu dengan dua atau tiga kali pukul.   


Machinist Vise
machinist vice

18. Machinist Vise

Baik yang tetap maupun yang bongkar pasang, sebuah ragum adalah seperti sepasang tangan (yang benar-benar kuat) untuk memantapkan pekerjaan Anda. Model yang dari cast-iron berguna untuk kebanyakan pemakaian, tetapi belilah yang sebuah yang terbuat dari forged-steel untuk pekerjaan yang berat. Jika Anda memotong banyak pipa, pilihlah sebuah ragum dengan geraham berbentuk V untuk mencengkeram material yang bundar. Untuk pengerjaan logam yang moderat, pilihlah yang mempunyai anvil di belakang gerahamnya. Meski alat ini bukanlah untuk menggantikan anvil si pandai besi, namun berguna untuk pekerjaan-pekerjaan kecil.  


Multibit Screwdriver
multibit screwdriver

19. Multibit Screwdriver

Karena ujung obeng Anda harus sesuai dengan kepala sekrup yang Anda putar, maka sebuah obeng dengan ujung yang bisa diganti-ganti (interchangeable) adalah pilihan yang nyaman dan kompak untuk ditaruh di tengah-tengah kumpulan banyak alat di dalam laci Anda. Plus, sebuah obeng bongkar pasang sering mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kecil dengan lebih cepat daripada obeng yang tetap.


Extension Cord
extension cord
Pekerjaan-pekerjaan besar memerlukan alat-alat yang disambungkan dengan kabel (corded tools)--dan sebuah sambungan ekstensi. Spek maksimum bagi kebanyakan pekerja adalah sebuah cord 14-gauge dengan rata-rata 15 amps. Namun cord 12-gauge adalah lebih baik, dan sebuah gauge 10- adalah lebih baik lagi, karena bisa menjamin penurunan voltase hingga minimum. (dari: Yahoo! Shoppers)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger