Cerita dari Laut, Cerita tentang Pesisir


Judul         :Cerita dari Laut
Penulis      :Muhamad Hasim Chikdung
Penerbit     :Bina Karya Utama, Bogor
Tebal         :152 halaman

“Menurut cerita dari mulut ke mulut, konon, ketika seluruh dunia ini sedang dilanda kemelut, pernah ada sebuah kapal perang, Belanda atau Jepang, Portugis, atau mungkin Inggris, yang datang mendekat hendak menyerbu kota itu. Penduduk kota kecil itu ketakutan. Panik. Berlarian ke sana kemari tak tahu hendak berbuat apa. Para petua hanya bisa berdo’a. Para pemuda bersiap, mengerahkan segala apa yang mereka punya, mengandalkan segala apa yang mereka bisa. Menghadapi segala kemungkinan terburuk yang mungkin mendekat. Tapi apa lacur, tidak dinyana tidak diduga, bukannya semakin mendekat, kapal itu malah menghilang bak ditelan laut. Tiada bekas dan tanda-tanda. Penduduk kota itu tak henti bersyukur. Penghuni gua telah menyelamatkan mereka.” Begitulah bunyi sinopsis yang tertulis di kover belakang buku ini.

Kutipan di atas adalah cuplikan dari salah satu cerpen yang ada dalam buku ini. Buku yang terbagi dalam dua bagian, cerpen asli dan cerpen terjemahan, ini seluruhnya memuat 17 cerpen; 12 cerpen asli dan 5 cerpen terjemahan.

Meski judulnya “Cerita dari Laut,” tapi tidak semua cerpen dalam buku ini memuat cerita tentang laut. Buku ini juga memuat cerpen-cerpen yang menggambarkan budaya lokal Lampung, khususnya Pesisir Barat, serta dinamika kehidupan masyarakat Krui sehari-hari. Sedangkan 5 cerpen terjemahan yang dimuat sebagai bagian kedua buku ini menceritakan berbagai tema kehidupan sosial sehari-hari masyarakat barat.

Penulis sengaja memuat cerpen-cerpen terjemahan dalam buku ini bukan hanya sebagai pendamping atau sebagai pembanding dengan cerpen-cerpen asli, tetapi juga untuk memperkaya tema, pandangan, serta menambah pengalaman membaca, dengan harapan apabila pembaca kecewa dengan cerpen-cerpen asli yang ada dalam buku ini, mereka akan terhibur oleh cerpen-cerpen terjemahan tersebut. :)

Jika Anda berminat, Anda bisa mendapatkan buku ini dengan harga Rp.50.000 sudah termasuk ongkos kirim di sekitar wilayah jawa dan Sumatera.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger